Menjahit Flap Berpojok Lengkung

Untuk membuat flap berpojok lengkung, diperlukan kehati-hatian ekstra saat menjahitnya. Pertama-tama, satukan lapisan kain (yang masing-masing sudah rapi disetrika) dengan penggunaan jarum pentul (pinning) yang cukup kuat hingga tidak memungkinkan bagi lapisan kain untuk bergeser. Jika perlu dapat digunakan tacking (membuat jahitan-jahitan simpul temporer di beberapa titik untuk menyatukan lapisan-lapisan lain; biasa digunakan untuk menandai titik/notch saat mentransfer pola ke kain).

Agar didapatkan hasil rapi, baiknya kita membuat garis pandu jahitan. Hal ini akan berguna dalam menjahit lurus dan membuat lengkungan.

Kemudian jahit perlahan saja. Selalu mulai dengan mengunci jahitan di awal (lakukanย backstitch) dan mengakhirinya demikian juga. Dalam tutorial ini kami menggunakan lebar jahitan nomor dua pada jahitan lurus. Untuk mesin tanpa control speed, proses penjahitan harus dilakukan lebih berhati-hati agar lebar jahitan tetap konstan. Begitu mulai masuk bagian membelok, pindahkan pengaturan lebar jahitan pada nomor satu (lebih rapat).

img_20160628_234532.jpg

Hasilnya akan menjadi seperti ini:

 

img_20160628_234536.jpg

Berikutnya, yang perlu dilakukan adalah merapikan pinggiran jahitan agar lebih rapi dan kuat. Pada bagian lurus, jahit zig-zag untuk mengamankan ujung kain, lalu potong kain yang berlebih.

Sementara pada bagian lengkung, agar saat dibalik bisa tampak rapi dan rata kita harus membuang sebagian kain yang akan menumpuk dalam lipatan (bulk). Caranya dengan menggunting beberapa potongan segitiga di pojok lengkung. Hati-hati jangan sampai melanggar batas jahitan.

wp-1467136474650.jpeg

Setelah itu, kita dapat membalik kain, dan menyetrikanya agar benar-benar rata dan rapi.Tadaa…!

wp-1467136466253.jpeg

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s