Berawal dari grup khusus komunikasi pelanggan Craftalova milik Ayu Ovira, seorang sewing crafter  dari Aceh, grup di Facebook ini berkembang menjadi komunitas besar. Craftalova Fabric Club  (CFC) kini menghimpun sewing crafter se-Indonesia dan menjadi ruang berbagi ilmu, informasi, serta pengalaman dari puluhan ribu anggotanya.

image.jpeg
Komunitas online ini cukup aktif menyelenggarakan beberapa event seperti sewing along (mengerjakan suatu proyek jahit di rumah masing-masing dalam waktu bersamaan dengan panduan online seorang mentor). Juga sejumlah parade karya, ruang jahit, atau tutorial. Terakhir CFC menerbitkan buletin dwibulanan yang hingga tulisan ini dibuat sudah mencapai enam edisi.

Tersebar di seluruh Indonesia, bahkan beberapa ada yang berdomisili di luar negeri, para anggota CFC menghimpun rekan yang berlokasi dekat dalam sebuah grup sisterhood. Misalnya ada Jaric (Jogja Fabric Club) di Jogja, atau Otang di Tangerang, dll. Secara rutin, masing-masing memiliki program lokal yang dilakukan sembari kopi darat (kopdar).

Awal tahun 2017 ini, CFC akan menyelenggarakan kopdar nasional perdananya. Berlokasi di Yogyakarta, event ini tersusun atas talkshow, ramah tamah, serta tour de craft ke beberapa sentra kerajinan Jogja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s