Membuat Kotak Perca

Bagi para crafter jahit, kadang tak terasa tahu-tahu kain perca sisa berkarya sudah menumpuk. Entah disimpan di keresek, atau ditaruh di kardus, rasanya tak nyaman bila kain-kain perca berantakan seperti ini.

Ada banyak cara untuk merapikan perca-perca tadi agar tidak merusak pemandangan di ruang kerja sekaligus memudahkan saat perlu (tidak perlu mengaduk-aduk tumpukan perca). 

Kali ini, mari kita buat kotak untuk perca dari kardus. Kardus yang dipakai untuk contoh adalah kardus bekas kertas 1rim. 

1. Awalnya tutup kardus dibolongi (opsional) agar ada akses langsung pada kardus dan perca tidak tertutup terlalu rapat (menghindari lembab yang dapat menimbulkan jamur)
2. Agar lebih menarik dipandang mata, kardus bagian luar dicat. Saya menggunakan cat akrilik yang murah meriah sebagai base (cat dasar) untuk menutup tulisan/gambar di kardus.
3. Setelah cat dasar kering (kira-kira dua jam), timpa dengan percikan cat kayu (enamel) yang mengkilat. Bisa diaplikasikan menggunakan kuas atau sikat. Cat ini kering dalam waktu lebih lama. Amannya kita biarkan saja mengering seharian. 
4. Untuk bagian dalam, agar lebih mudah dibersihkan dan tidak mudah lembab, dapat dilapisi lakban atau dicat tipis dengan vernis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s