Ada mainan baru di bengkel kerja peponina: Woodburning Pen Set dari Krisbow. Bentuk dan prinsip kerjanya seperti solder, hanya saja di ujung batang pemanas dapat kita pasang beberapa mata logam berbagai bentuk yang dapat dimanfaatkan untuk meninggalkan jejak pembakaran di atas kulit atau kayu. 

Tampak depan Krisbow Woodburning Pen Set
Tampak depan Krisbow Woodburning Pen Set

Teknik ini juga dikenal sebagai pyrography. Secara literal artinya menulis dengan api. 

Alat ini membuka lahan berkreasi lebih luas, di atas kulit terutama. Misalnya untuk membuat grafir personal untuk menambah sentuhan unik produk etnik. 

Dalam kemasannya, kita dapatkan satu batang pemanas dengan kabel, satu dudukan untuk menyangga batang pemanas dengan aman saat tidak digunakan, serta tujuh mata logam. Sebenarnya ada versi yang lebih lengkap dengan dua puluh lima mata logam, namun karena ketersediaan produk dan kamipun masih dalam tahap eksperimen, yang lebih sederhana dianggap cukup. 

Kelengkapan Krisbow Woodburning Pen Set

Pada kertas instruksi penggunaannya, dinyatakan bahwa alat ini tidak dapat digunakan pada bahan sintetis dari material plastik. Meski dilarang, kami iseng mencoba untuk melihat dampaknya. ;p (jangan ditiru ya!) 

Sebagian peringatan visual pada lembar instruksi Woodburning Pen Set

Ternyata kulit sintetis meleleh seketika begitu tersentuh ujung logam.  Bahkan dengan tingkat panas yang berbeda pada kulit asli, hasilnya pun bervariasi.

Di gambar terlihat bahwa ada perbedaan jejak yang ditinggalkan pada kulit sapi pull-up. Jika terlampau panas, hasilnya dapat merusak kulit (bisa menembusnya) seperti pada gambar sebelah kiri.

Untuk keselamatan kerja, disarankan juga menggunakan sarung tangan atau tidak menyentuhkan ujung pemanas pada objek yang dipegang tangan (lebih aman bekerja dengan meletakkan objek di atas meja).

Memegang pen

Caranya cukup praktis sebenarnya. Kita hanya perlu menyiapkan media (kulit atau kayu). Membuat sketsa desain dengan pensil di atas media tersebut, lalu menoreh setiap garis dengan hati-hati (cara pegangnya seperti jika menggunakan pulpen/spidol) menggunakan berbagai mata logam (yang telah panas) yang tersedia untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Biarkan pen mendingin dengan meletakkannya pada dudukan penyangga (cabut dulu kabelnya ya).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s