Preloved Batik 

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “batik lawasan”. Artinya memang batik yang sudah lawas, usianya tua hingga warnanya sudah pudar, namun masih cantik. Tentu usia juga mengurangi ketahanan kain. Ada kain batik yang rapuh dan mudah robek. Lain halnya jika kainnya sedari awal berkualitas baik dan dirawat dengan baik, di usia tuanya batik tersebut tetap memiliki pesona tersendiri.

Kalau lawas berarti bekas dong? Rata-rata iya. Batik lawasan yang dijual di lantai tiga Pasar Beringharjo Yogyakarta, misalnya, kebanyakan didapat dari pemilik lama yang melepas koleksinya. Tidak masalah kan? Memperpanjang usia penggunaan tekstil jangan dianggap remeh lho dalam upaya menjaga lingkungan. Perpanjangan masa guna ini akan memperlambat penambahan sampah.

Kalau sedang jalan-jalan di seputaran Malioboro, yuk kita mampir dulu!


Posisi kios yang berjualan batik lawasan ada di sebelah kiri jika kita memasuki lantai tiga dari arah pintu utama pasar.

Tumpukan batik lawas yang tetap menawan meski dimakan usia. Harganya bervariasi dari belasan ribu (biasanya yang sudah diketahui cacat, misalnya ada bagian robek) hingga di atas seratus ribu.

Di kios ini ada juga batik-batik baru yang tergantung.

Batik lawasan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Dapat langsung dipakai sebagai sinjang/jarik atau dipola ulang untuk pakaian atau aksesories lain. Hal yang perlu diperhatikan adalah perlunya memberi lapisan pada kain batik untuk memperkuat struktur fibernya sehingga dapat lebih awet digunakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s