Lerak (Sapindus rarak) sering disebut baik untuk membersihkan kain tradisional karena tidak “sekeras” deterjen. Lerak merupakan salah satu spesies soapberry, jenis buah yang biasa digunakan untuk membuat sabun. Keunggulannya adalah mampu menjaga warna kain serta baunya menghindarkan kain dari gangguan serangga. Bahkan bukan cuma kain, lerak juga dapat digunakan untuk membersihkan lantai atau alat dapur.

Dalam artikel ini kami mau berbagi pengalaman menggunakan lerak sebagai pencuci pakaian/kain dan untuk mengepel lantai. Kita bahas satu-persatu ya.

Lerak untuk mencuci pakaian

Ini adalah cara yang diinstruksikan bapak penjual lerak di Pasar Beringharjo, hehe. Katanya untuk mencuci sekitar satu stel pakaian atau dua lembar kain batik, gunakan sekitar 5 butir lerak. Tapi dalam percobaan ini saya pakai 4 saja, soalnya bajunya tipis juga.

Caranya: Siapkan baju yang hendak dicuci (kalau ada kotoran menempel yang bisa dihilangkan dulu, dihilangkan dulu), rendam dengan air dingin selama sejam. suwir-suwir buah lerak. Jika sulit rendam dulu dengan sedikit air dingin, atau gunakan pisau, hati-hati ya… Lalu tuangkan sekitar 500ml air mendidih, Kocok dengan sendok hingga berbusa, kalau sudah agak hangat, kocok lagi dengan tangan hingga busanya banyak. Lalu tuangkan dalam rendaman pakaian. Cuci seperti biasa (kucek dan bilas).

Lerak untuk Mengepel Lantai

Selain mencuci baju, saya juga coba lerak untuk mengepel lantai. Saya cukup pakai sebutir saja disuwir lalu dikocok hingga berbusa dengan seliter air mendidih. Ternyata cukup kok untuk mengepel tiga ruangan dengan luasan masing-masing sekitar 3mx3m. Dengan catatan, lantai kotor ringan ya. Kalau habis ada makanan tumpah atau kotoran membandel lain sepertinya perlu tambah dosis untuk mengepel ulang beberapa kali.

Nah, hasilnya lumayan oke ternyata. Paling terasa pas ngepel lantai, lebih cepet keset rasanya dibanding kalau ngepel pakai sabun pel botolan (wkwkwk, kok jadi inget kecap atau saos). Tapiii… memang agak ribet karena harus rebus air dulu segala macam. Kenapa gak dibuat sari lerak aja sekalian banyak? Belum nyoba tuh, jadi belum tahu apa busanya bisa bertahan lama atau nggak kalau dibuat sekalian banyak. Mungkin bisa jadi peer untuk percobaan kali lain.

Selamat mencoba ya. Dalam upaya untuk hidup yang lebih ramah lingkungan, lerak bisa menjadi alternatif andal untuk mengganti deterjen produksi pabrik.

Mari bebersih. Happy washing day ✨👌🏼😁

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s