Pertama kita lihat dulu dua hal:

  • Bahan dan alat yang tersedia di rumah dan belum dimanfaatkan?
  • Barang apa yang kamu butuhkan, atau fungsi apa yang belum terpenuhi?

Misal nih, karena diam di rumah terus, jadinya makin sering bikin kopi sendiri. Kamu sukanya kopi susu, jadilah kotak susu menumpuk di rumah. Sementara itu, karena kerja dari rumah, jadi butuh juga kotak alat tulis yang bisa selalu bikin peralatanmu tertata rapi. Kalau begitu kasusnya, klop deh. Kamu tinggal cari cara bagaimana memanfaatkan kotak bekas susu jadi kotak pensil. Asik kan?

Peponina berprinsip, bikin-bikin itu idealnya memanfaatkan waktu untuk menambah nilai guna barang bukan malah jadi timbulkan masalah baru, seperti sampah. Jadi pertimbangkan betul, yang kamu buat akan kamu gunakankah? Atau mungkin bisa dihadiahkan? Istilahnya, jangan sampai nyampah. Lalu, usahakan juga hasilnya bisa digunakan dalam waktu relatif lama. Jangan sampai belum seminggu, udah nyampah.

Sebetulnya, standar bermanfaat atau tidaknya gak mesti bertumpu pada fungsi praktis barang yang kita buat. Fungsi psikologis buat mengekspresikan diri atau mengalirkan emosi juga bukan hal remeh. Proses kita membuat sesuatu yang bagus, yang indah juga penting bagi kesehatan mental loh. Belum lagi kalau dalam proses itu kita juga melibatkan anggota keluarga di rumah. Siapa tahu malah bikin jadi lebih akrab.

Nih, ada beberapa kategori yang bisa dicoba. Tutorialnya nanti bisa klik tautan di setiap project-nya ya…

Build your own stationeries

  • Membuat kotak pensil
  • Membuat pembatas buku boneka jepang
  • Beberapa origami pembatas buku
  • Kristik

Ngasuh bocah? Siapa takut!

Ngoprek Aplikasi

  • Buat font-mu sendiri
  • Bikin koleksi poster quote dengan Adobe Sparks
  • Merapikan arsip digital pakai Evernote

Perbukuan

  • Butuh notes baru? Bikin sendiri aja
  • Jangan asal buang koranmu, bikin kliping yuk

Waktunya Redekorasi

  • Buat sarung bantal itu gampang kok
  • Mau punya hiasan dinding personalized?

Tani-tanian

  • Berkebun sayur mini

Share your love

  • Bikin amplop lucu
  • Bungkus kado cakep-cakep yuk
  • Buat hiasan kotak hadiahmu
  • Kangen? Kirim kartu buatanmu sendiri deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s